pt madina

Fungsi Menara Masjid

fungsi menara masjid

3 Fungsi Menara Masjid yang Perlu Anda Ketahui 

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas fungsi menara masjid yang umum di Indonesia dan dunia. Berbicara mengenai masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim di seluruh dunia memang tidak terlepas dari unsur pelengkap sebuah masjid. Selain jenis kubah yang menjadi bagian penting dari sebuah pembangunan atau pendirian sebuah masjid, hal yang menjadi bagian dari sebuah masjid yaitu Menara masjid. 

Di negara Indonesia, kini sudah lazim adanya sebuah menara masjid dengan ukuran dan motif desain yang unik yang tentunya diperuntukan untuk memberikan kesan estetika. Selain memberikan kesan estetika, peranan dari sebuah masjid juga sebagai pemberian Informasi akan masuknya waktu sholat atau Informasi lainya yang berkaitan dengan keagamaan. Sehingga dengan adanya Menara masjid ini, diharapkan mampu meningkatkan semangat Jemaah dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. 

Sebuah Menara masjid biasanya mempunyai bangunan yang menjulang tinggi dan ditempatkan di sisi sudut samping masjid. Penempatan Lokasi menara masjid tersebut akan memberikan kesan menarik dan tidak monoton sebab dengan adanya Menara masjid juga masjid akan tampak lebih indah. 

menara masjid istiqlalFungsi Menara Masjid Tak Sebatas Sebagai Pengeras Suara

Melihat dari fungsi menara masjid itu sendiri yaitu tidak sebatas hanya sebagai pengeras suara saja dan mengumandangkan azan ketika waktu sholat telah tiba, ada juga beberapa menara masjid yang berfungsi sebagai menara pandang. Maka secara tidak langsung, disini menara memiliki peranan atau fungsi ganda, menara pandang biasanya terdapat hanya dibeberapa wilayah, khususnya masjid yang berada dekat dengan pelabuhan atau tepi sungai. 

Salah satu contoh masjid yang mempunyai menara ganda yaitu Masjid Ribbat Shushah di Tunisia. Di dalam menara masjid ini diberikan atau diletakan alat pengeras suara sebagai salah satu metode agar panggilan azan atau waktu sholat telah tiba yang diharapkan mampu menjangkau area yang lebih luas. Menara pada masjid ini juga di bentuk seperti mercusuar, dimana fungsinya sebagai menara pandang. 

Di dalam menara ini dibuat dengan sangat kokoh berbeda dengan menara masjid lainya yang biasanya hanya berbentuk ramping. Masjid Ribbat Shushah yang terletak di dekat dengan pelabuhan memanfaatkan menara masjid bukan hanya sekadar pemberi sinyal waktu masuknya sholat melainkan juga sebagai mercusuar. 

Kemudian di negara Indonesia sendiri, terdapat menara masjid yang mempunyai peranan ganda seperti di Tunisia. Salah satu contohnya ada Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di Kota Semarang. Menara masjid ini memberikan bentuk dan desain denga ketinggian mencapai 99 meter, hal ini dimaksudkan dengan Asmaul Husna yaitu Nama – Nama Alloh SWT. Menara masjid ini juga dilengkapi dengan adanya teropong bintang. Dari sini kita dapat melihat hamparan ibu kota Jawa Tengah dengan laut berwarna biru. 

Pada zaman Rasullah, Nabi Muhammad SAW, para arsitek masjid memang belum dilengkapi dengan adanya menara. Namum dengan seiring perkembangan zaman, menara masjid sudah menjadi bagian dari sebuah masjid. Dalam proses pembangunan menara itu sendiri juga berbeda – beda. Terdapat masjid dengan menara yang meyatu dengan bangunan masjid, ada pula yang di bangun secara terpisah dengan bangunan masjid. 

Dari beberapa penjelasan singkat diatas maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebuah Menara masjid dapat bersifat fungsional secara ganda, sesuai dengan kondisi, ada istiada atau budaya dan lingkungan sekitar masjid. Maka dari pada fungsi dari masjid itu sendiri yaitu sebagai berikut :

Baca artikel : Sejarah masjid Quba

Fungsi-fungsi Menara Masjid

  1. Sebagai Sarana Pemberi Sinyal Waktu Masuk Sholat

    Di era modern seperti saat ini memang semua hal yang berkaitan dengan peningkatan ilmu keagamaan secara Islam dapat digali dan di dapatkan dari berbagai Informasi. Informasi tersebut bias di dapatkan dari media online baik secara virtual atau daring ataupun media lainya. Tentunya dalam mencari ilmu pengetahuan, kita harus selektif mampu memfilter setiap Informasi yang kita dapatkan. Dengan kata lain maka kita harus mampu menyerap Informasi secara benar dan akurat, hal tersebut dilakukan agar tidak timbul kesalahan di masa mendatang.

    Salah satu media pemberi Informasi yang masih terus eksis di kalangan masyarakat baik di pedesaan / pedalaman maupun berada pada lingkungan masyarakat perkotaan yaitu menara masjid. Menara masjid mempunyai peranan penting bagi masyarakat yang menganut agama Islam. Menara masjid itu sendiri akan memberikan Informasi tentang waktu masuk pelaksanaan sholat lima waktu. Dengan memberikan speaker atau pengeras suara pada ujung atas Menara masjid, maka di harapkan bahwa masyarakat dapat terus mengingat waktu masuk sholat sehingga hal tersebut akan memberikan kebaikan bagi mereka khsusunya dalam meningkatkan taqwa kepada Alloh SWT.

    Seperti yang kita ketahui bahwa sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang yang meganut ajaran Islam. Dimana sholat akan memberikan pahala yang lebih besar ketika dlakukan di masjid. Ibadah sholat dilakukan di masjid dengan cara berjamaah akan memberikan dampak yang baik juga, selain menambah pahala juga dapat mempererat hubungan silahturahmi antar sesame muslim di daerah atau lingkungan masyarakat sekitar.

    Dengan adanya menara masjid ini maka diharapkan akan memberikan kontribusi yang positif dalam mendekatkan diri kepada sang Khalik yaitu Alloh SWT. Sebab dengan mengumandagkan masjid melalu atat pengeras suara yang di tempatkan di ujung menara masjid, secara tidak langsung masyarakan akan mendengar dan mengingat waktu masuknya untuk pelaksaan sholat berjamaah.

  2. Sebagai Mercusuar di Daerah Dekat Pelabuahan

    Di dalam pembuatannya, ternyata menara masjid juga dapat di fungsikan atau peranannya dapat di jadikan sebagai mercusuar. Mercusuar merupakan sebuah menara tinggi yang berada di daerah deket pelabuhan atau laut yang di fungsikan sebagai pemberi sinyal atau tanda.

    Dengan adanya menara masjid yang mempunyai peranan sebagai mercusuar, maka di harapkan kan menimbulkan dampak yang baik bagi masyarakat lingkungan sekitar atau kapal yang ingin berlabuh di daerah tersebut. Dengan kata lain maka hubungan antara masjid dan menara tidak dapat di pisahkan. Sebab dengan adanya menara mercusuar berarti terdapat masjid di dekatnya, sehingga hal ini dapat menjadi suatu hal yang positif bagi siapapun yang ingin beribadah, bias langsung menuju ke masjid yang dekat dengan menara mercusuar tersebut.

  3. Sebagai Pemberi Kesan Estetika Sebuah Masjid

    Seperti yang kita tahu bahwa baik masjid dan menara masjid memang keduanya sudah tidak dapat dipisahkan. Sebuah menara masjid bukan hanya di fungsikan sebagai tempat pemberi sinyal masuknya waktu sholat ataupun berperan ganda seperti di jadikan sebagai menara mercusuar yang di fungsikan untuk pemberi sinyal kepada seluruh kapal yang akan berlabuh.

    Peranan sebuah menara masjid ternyata juga dapat di jadikan sebagai pemberi kesan estetika. Estetika dalam masjid berarti keindahan, dengan adanya menara masjid maka keindahan akan sebuah masjid akan cenderung terlihat, sebab menara yang di bangun dapat berada di atas masjid atau menyatu dengan masjid atau di bangun di sebelah pojok masjid itu sendiri.

Baca artikel lainnya:

Sejarah kubah masjid

Jenis kubah masjid

Itulah beberapa fungsi umum dari menara masjid, dapatkan informasi menarik lainnya dalam website kami dengan berbagai maca artikel seputar kubah dan menara masjid. Tak hanya itu kami juga membuat artikel dengan kategori sejarah yang berisikan sejarah-sejarah masjid di Indonesia dan mancanegara.

Jika saat ini anda sedang membutuhkan jasa kontraktor yang mampu merombak kubah dan menara masjid serta memiliki profesional tinggi, bisa kunjungi halaman berikut.

Kontraktor Kubah Masjid

Kontraktor Menara Masjid

Kontraktor Krawangan GRC

Share:

Related Posts