pt madina

4 Tips Memilih Kontraktor Kubah Masjid

tips memilih kontraktor kubah masjid4 Tips Memilih Kontraktor Kubah Masjid Berkualitas

Salah satu seni arsitektur yang saat ini menjadi simbol bangunan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam yaitu kubah masjid. Kubah masjid bentuknya menyerupai gundukan seperti bawang yang diletakkan di atas bangunan persegi. Sebenarnya memberikan kubah pada bangunan bukanlah budaya Islam. Namun kubah merupakan seni arsitektur yang diadopsi sebagai bentuk toleransi Islam terhadap suatu tradisi pada suatu wilayah yang digabungkan dalam tempat untuk beribadah.

Biasanya kubah dibangun sesuai dengan desain masjid, Oleh sebab itu pemilihannya tidak boleh sembarangan. Kamu harus memahami belum mencari tahu berbagai tips memilih kontraktor kubah masjid yang tepat. Apalagi kubah masjid mempunyai kesan tersendiri dalam orang yang melihat bangunan masjid. Hal tersebut disebabkan terdapat rotan yang berbeda dari masing-masing satuan pembuatan.

Sebelum masuk ke topik tips memilih kontraktor kubah masjid berikut kami berikan macam-macam jenis arsitektur kubah masjid.

Arsitektur kubah masjid seiring berjalannya waktu terus berkembang dan memiliki berbagai macam yang bervariasi, diantaranya:

  1. Kubah corbel

Kubah masjid desain corbel merupakan salah satu bentuk kubah yang ditemukan paling awal di beberapa kontruksi paleolitik. Bentuk kubah masjid corbel mungkin seperti kubah yang selama ini ada pada bayangan kita semua. Bentuk kubah corbel tidak sama dengan kubah masjid yang selama ini dilihat. 

Untuk membangun kubah masjid corbel maka dibutuhkan konstruksi batu horizontal yang secara bertahap mempunyai ukuran yang kecil supaya bentuknya semi bulat. Lingkaran batu secara bertahap akan menuju pusat yang disebabkan lingkar di setiap lapisan menurun yang didukung oleh lapisan sebelumnya hingga bentuk kubah benar-benar tertutup.

  1. Kubah berbentuk oval

Kubah masjid dengan desain oval tampaknya akan seperti telur raksasa yang dibelah menjadi dua secara horizontal sehingga pada akhirnya bisa membantu menjadi lonjong. Biasanya kubah masjid dengan desain oval kerap ditemui pada bangunan-bangunan kuno di masa Barok Rococo.

  1. Kubah bawang

Kubah masjid dengan desain seperti bentuk bawang kerap dijumpai pada arsitektur bergaya ketimuran atau eastern. Dikatakan sebagai kubah bawang karena kubah tersebut bentuknya bulat yang melebar dan dasar yang kecil serta akan meruncing hingga ke puncaknya. Contoh desain kubah masjid bawang dapat dilihat pada kubah bangunan Taj Mahal. Kubah bawang juga bisa dilihat pada gereja ortodoks di Rusia.

  1. Kubah layar

Kubah masjid dengan bentuk layar bisa dikatakan unik. Pada dasarnya kubah layar tidak membentuk lingkaran, melainkan sudut-sudut kubah masjid tersebut mendukung semua struktur, dan di sisi lain juga melengkung. Bentuk ubah layar akan menciptakan bentuk seperti layar kotak yang mengembang yang disebabkan oleh terkena hembusan angin.

  1. Kubah drum dome

Bentuk dari kubah masjid dengan desain drum dome bisa dijumpai di masjid pada umumnya. Bentuk kubah masjid drum dome adalah seni bunga sederhana yang melingkar serupa dengan kubah Masjid Phanteon.

  1. Kubah cawan

Disebut dengan kubah cawan karena jenis kubah ini mempunyai pondasi yang melingkar. Bukan hanya itu, kubah Masjid zaman juga membentuk cekungan yang tidak terlalu tinggi, Jadi terlihat tidak seperti kubah drum dome dengan cekungan dalam. Kubah masjid tersebut akan terlihat seperti calon terbalik karena cekungan yang rendah Jadi tidak seperti berbentuk setengah bola.

  1. Kubah Berumbi

Bentuk dari kubah berumbi seperti separuh bumi, namun bentuk kubah berumbi sedikit memanjang di bagian bawah dan meruncing dibagian ujungnya. Bentuk kubah berumbi sebagian besar kerap dijumpai pada masjid di daerah Mesir.

  1. Kubah payung

Kubah masjid bentuk payung kerap disebut dengan kubah bergerigi. Berat kubah ini didukung oleh struktur vertikal yang berawal dari dasar ke pusat yang kemudian membagi kubah payung menjadi beberapa segmen. Apabila garis-garis vertikal membentuk lurus bentuk kubah maka setiap penampang lebih bersifat polygonal daripada bundar. 

  1. Kubah bentuk seperti biara

Bentuk kubah masjid yang satu ini memang tidak sama seperti kubah masjid umumnya. Kubah masjid dengan bentuk seperti biara bentuknya dilihat dari luar tidak seperti kubah masjid apabila dilihat dari bawah bagian bawah kebaya tersebut bentuknya baru terlihat. Bentuk dasar kubah biara adalah persegi yang mempunyai rangka sudut dan permukaan kubah seperti bidang lengkung.

Sebenarnya masih ada beberapa arsitek pilihan kubah masjid. Desain yang diterapkan bisa sesuai dengan keinginan dan artistik. Untuk mendapatkan kubah masjid yang diinginkan maka harus menggunakan kontraktor khusus kubah masjid.

Terdapat berbagai manfaat yang bisa didapat dengan memakai jasa kontraktor kubah masjid, seperti membantu menyelesaikan pembangunan kubah masjid dengan lebih cepat dan efektif. Sekarang ini kontraktor kubah masjid sudah semakin marak ditemukan, sehingga kamu harus benar-benar competent dalam memilih kontraktor kubah masjid. Selain itu dibutuhkan juga pengalaman serta diperlukan kesabaran dan kejelian dari kita hingga benar-benar mendapatkan kontraktor kubah masjid yang profesional.

Kunjungi artikel lainnya:

ornamen masjid terindah

jenis kubah masjid

Mendapatkan kontraktor kubah masjid yang berpengalaman terkadang tidak mudah, untuk itu simak beberapa tips berikut ini untuk mempertimbangkan ketika mau memilih kontraktor kubah masjid.

  1. Cari informasi kepada rekan atau keluarga

Sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu kepada rekan atau keluarga jika ingin melakukan perjanjian kontrak dengan produsen kubah masjid. Tanyakan kepada malaikat pernahkah menggunakan jasa kontraktor kubah masjid tersebut. Dengan demikian maka kamu dapat menilai produsen yang dapat diandalkan. Kamu juga dapat mencari referensi, lulusan mana yang sekiranya menghasilkan kinerja yang bagus. Biasanya kebanyakan orang akan memberikan informasi dengan sumber pengalaman terdahulu. 

  1. Kunjungi lokasi proyek

Sebaiknya kamu melihat hasil proyeknya dulu dengan berkunjung ke tempat proyek sebelum menentukan kontraktor kubah masjid. Tentunya produsen kubah masjid yang kinerja yang bagus sudah berhasil mengerjakan berbagai proyek, sehingga kamu dapat menilai dan mengevaluasi bagaimana hasil yang mereka kerjakan. Apabila hasil proyek yang dikerjakan menurutmu kurang memuaskan maka bisa kunjungi lokasi proyek kubah masjid yang lain. Carilah kontraktor kubah masjid yang sudah berpengalaman yang sudah benar-benar kamu lihat hasil kerja yang dapat selesaikan.

  1. Jangan mudah tergoda dengan penawaran harga murah

Sebaiknya sebelum menentukan kontraktor kubah masjid, Jangan mudah tergoda dengan penawaran harga yang murah. Berpikirlah secara realistis karena harga yang murah tentunya akan berkaitan dengan material yang digunakan. Percuma saja jika kamu mendapatkan harga kontaktor kubah masjid yang murah namun tidak terjamin dari segi hasil dan keamanan yang bisa menyebabkan masalah atau kerugian yang lebih besar di kemudian hari. Jadi kamu wajib waspada dan selektif dalam menentukan yang paling baik. Sebaiknya perhatikan proposal penawaran mereka apakah spesifikasi dan harga yang ditawarkan sesuai.

  1. Pilih kontraktor yang memiliki standar operasional yang tepat

Usahakan kamu memilih kontraktor yang mempunyai standar penerapan pekerjaan atau SOP yang ketat dalam melaksanakan proyeknya. Hal ini bertujuan supaya menjaga mutu dan keamanan bahan yang dipakai untuk membangun kubah masjid. Bahan yang dipasang haruslah memenuhi standar mutu bahan yang mencukupi sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara estetika maupun keamanannya.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum memilih dan menentukan kontraktor kubah masjid. Semoga bermanfaat!

Share:

Related Posts