Pengertian Kontraktor dan Penjelasan Lengkapnya

pengertian kontraktor

Saat ini anda sedang berada dalam website kami Kubah Madina yang kini merambah Jasa kontraktor rumah dan jasa kontraktor bangunan. Pada artikel ini kami akan membahas tentang pengertian kontraktor, baik dari kontraktor adalah apa, jenis kontraktor, cakupan jasa kontraktor dan lainnya dengan lengkap dengan tujuan mempermudah anda dalam mencari jasa kontraktor.

Dalam mengerjakan proyek pembangunan haruslah presisi dalam artian tidak bisa sembarangan. Semua yang ada harus dipikirkan dan direncarakan dengan sangat matang, hal ini bertujuan agar budget dan waktu yang dikeluarkan tidak sia-sia. Untuk itu hadirlah jasa kontraktor bangunan yang akan membantu anda mengatur semuanya, namun anda harus tetap selektif dalam memilih jasa kontraktor.

Sudah tentu dengan menggunakan jasa kontraktor bangunan atau jasa kontraktor rumah akan menambahkan budget yang perlu dikeluarkan. Namun penyedia jasa berpengalaman akan memberikan anda garansi bahwa proyek akan dikerjakan sesuai dengan keinginan serta waktu yang tepat.

Kali ini kami akan menjelaskan semua yang meliputi kontraktor, baca selengkapnya.

Apa itu Kontraktor? Berikut Pengertian Kontraktor

kontraktor adalah

Pengertian Kontraktor adalah seseorang atau kelompok yang bekerja dibawah surat perjanjian kontrak yang biasanya di sewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai kontrak. Istilah kontraktor merujuk pada tenaga profesional yang memberikan layanan atau keahlian kepada perusahaan dengan jangka waktu tertentu. Pekerjaan kontraktor dibatasi oleh perjanjian awal yang biasanya meliputi biaya, waktu penyelesaian, dan al-hal yang harus diselesaikan sesuai kontrak.

Jika melihat hal ini dalam lingkup properti, kontraktor adalah pihak yang melaksanakan semua atau sebagian pekerjaan konstruksi dan bertanggung jawab atas itu. Semua tergantung perjanjian awal antara pemilik proyek dan kontraktor tetapi biasanya kontraktor menyediakan semua material, tenaga kerja, peralatan baik perkakas maupun kendaraan teknik, serta layanan yang diperlukan untuk mewujudkan proyek.

Dalam mendapatkan proyek atau pekerjaan biasanya kontraktor melakukan dengan dua cara, antara lain:

  • Ditunjuk langsung oleh pemilik proyek dan diberi kepercayaan untuk mengerjakan pembangunan.
  • Melalui lelang atau tender yang diselenggarakan oleh pemilik proyek. Pemenang lelang biasanya kontraktor berpengalaman yang memberikan penawaran harga terbaik dan menawarkan produk berkualitas serta memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Jenis-jenis Kontraktor

jenis kontraktor

Ternyata bidan usaha pada jasa kontraktor tidak hanya mencakup di bidang pemabngunan rumah dan gedung saja. Masih banyak bidang lainnya yang perlu kita ketahui, berikut beberapa contoh jenis kontraktor.

  • Kontraktor bidang arsitektural

    Kita sebagai masyarakat umum pasti paling sering menggunakan kotraktor bidang arsitektual. Pekerjaan kontraktor bidang arsitektual meliputi arsitektur dengan teknologi sederhana, menengah hingga berteknologi tinggi, juga arsitektur interior, lanskap dan perawatan bangunan.

  • Kontraktor bidang pekerjaan sipil

    Berikutnya adalah kontraktor sipil yang biasa mengerjakan pembuatan jembatan, jalanan, jalur kereta api, landasan pesawat, terowongan, jalan bawah tanah, bendungan, jalur pengairan dan saluran drainase. Tak hanya itu kontraktor sipil juga mengerjakan konstruksi pabrik, tambang, struktur bangunan dan perawatannya. Jika anda pernah dengar penghancuran bangunan itu juga tugas dari kontraktor sipil.

  • Kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan

    Sesuai dengan namanya, kontraktor tata lingkungan mengurus hal-hal dibidang yang berhubungaan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi analisis dampak lingkungan, teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, dan pengolahan limbah. Pengembangan wilayah, perpipaan air bersih, perpipaan limbah, dan perawatannya juga diperhatikan oleh jasa kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan.

  • Kontraktor bidang elektrikal

    Kontraktor elektrikal memiliki tanggung jawab bekerja pada bidang kelistrikan sesuai dengan namanya, seperti instalasi pembangkit, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut, penangkal petir, serta bangunan pemancar radio.

  • Kontraktor bidang mekanikal

    Jasa kontraktor mekanikal bertanggung jawab terhadap instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, konstruksi lift dan eskalator, dan perpipaan termasuk perawatannya.

Itulah beberapa jenis kontraktor yang perlu kita diketahui, mungkin beberapa dari anda belum mengetahui hal ini. Setelah anda tau hal ini tentu jadi lebih paham bahwa kontraktor tidak hanya berarti kontraktor bangunan dan kontraktor rumah.

Tak sedikit orang yang menyebut kontraktor sebagai pemborong, padahal dua hal tersebut memilki perbedaan. Hal yang membedakannya adalah sistem kerjanya, jika kontraktor bekerja berdasarkan kontrak tertulis tidak dengan pemborong, pemborong bekerja berdasarkan perjanjian lisan saja. Kontraktor umumnya juga berbadan hukum, sedangkan pemborong kebalikannya.

Cakupan Jasa Kontraktor

cakupan kontraktor

Sebelum mempercayakan proyek anda kepada jasa kontraktor ada baiknya memeriksa calon kontraktor terlebih dahulu. Meskipun anda mendapatkan kontraktor rekomendasi dari teman atau kerabat dekat sekalipun ada baiknya selektif dalam menentukan. Periksa reputasi dari kontraktor dan pahami pelayanan apa yang bisa dikerjakan kontraktor tersebut. Berikut adalah beberapa layanan yang biasa ditawarkan oleh kontraktor.

  • Jasa desain

    Jasa kontraktor profesional akan menawarkan anda jasa desain baik interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain yang dibuat akan menyesuaikan kebutuhan dan budget anda.

  • Bangunan dan material

    Kontraktor juga bertanggung jawab secara penuh pada pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi dan pembuatan sumur resapan. Bahkan jika diperlukan kontraktor akan menggunakan alat berat untuk lancarnya proyek.

  • Renovasi atau remodeling

    Kontraktor sudah pasti akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran dan perbaikan. Kontraktor berpengalaman akan bisa melakukan perombakan pada interior, eksterior dan fasilitas rumah maupun gedung.

Plus Minus Jasa Kontraktor Bangunan

Kelebihan dan kekurangan akan selalu ada, berikut kami berikan informasi mengenai keuntungan menggunakan jasa kontraktor bangunan serta kekurangannya.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan

1. Dengan menggunakan jasa kontraktor bangunan Anda tidak perlu lagi memikirkan yang namanya jadwal proyek, manajemen material dan tukang. Semua urusan itu akan diambil alih oleh kontraktor, Anda tak perlu memikirkan lagi manajemen proyek dan mengawasi tukang.

2. Jika anda mempercayakan proyek kepada kontraktor berpengalaman kemungkinan gagalnya akan sangat kecil. Karena sudah dijamin kontraktor berpengalaman memahami teknis konstruksi bangunan. Pengalaman bisa menjadi tolak ukur anda dalam memilih kontraktor agar tidak terjadi kerugian. Jika anda menemukan kontraktor yang memiliki profesionalitas tingi sudah pasti proyek anda akan aman sampai tuntas.

3. Kontraktor profesional mampu menghitung anggaran dana dengan pasti untuk menghindari anda dari overbudget. Hal ini cukup riskan dalam proyek karena jika ada kesalahan hitung bisa berakibat fatal dengan anda harus menambahkan dana lebih dari rencana awal. Untuk itu percayakan kontraktor untuk menghitung RAB agar semua sesuai.

Baca artikel terkait : Kontraktor kubah masjid jakarta

Kekurangan Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan

1. Ada kelebihan ada pula kekurangan. Jika anda tidak selektif falam memilih kontraktor bisa menimbulkan banyak resiko dalam proyek. Biasanya kontraktor “nakal” akan memanipulasi teknis konstruksi, penerapan spesifikasi dan material yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

Tak sedikit juga kontraktor yang kabur begitu saja meninggalkan proyek yang sedang berjalan. Jadi anda harus benar-benar teliti dan selektif dalam menentukan kontraktor mana yang akan mengerjakan proyek.

2. Dari budget yang dikeluarkan kemungkinan bisa lebih mahal karena kontraktor pasti mengambil margin dari tukang dan material sebagai profit mereka. Pilih kontraktor berpengalan agar RAB sesuai dengan hasil.

3. Banyak juga kontraktor yang tidak memiliki kemampuan desain arsitektual yang baik dala membangun rumah. Kurang dalam hal esetetika dan fungsional rumah.

Sertifikat yang dimiliki Kontraktor Profesional

sertifikasi kontraktor

  • Sertifikat Keahlian Kerja (SKA)
    Sertifikat ini menjadi bukti dari keahlian profesional dalam bidang kontruksi, bisa dibilang bahwa sertifikat ini adalah tanda bahwa kontraktor memiliki kompetensi tenaga ahli konstruksi. Sertifikat ini dikeluarkan oleh LPJK dengan syarat tertentu, sertifikat ini dikeluarkan secara spesifik dalam bidang seperti Elektrik, Arsitek, Mekanik, Sipil, Tata Lingkungan.
  • Sertifikat Badan Usaha (SBU)
    Sertifikat ini adalah bukti formal bahwa sebuah kontraktor adalah jasa konstruksi resmi.
  • Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)
    Surat ini adalah surat izin yang dikeluarkan oleh PEMDA (Pemerintah Daerah) pada badan jasa khususnya konstruksi untuk melakukan kegiatan dalam hal konstruksi baik itu perencanaan, pelaksana ataupun sebagai pengawas. Surat ini penting sebagai izin untuk bisa melaksanakan pembangunan baik dalam lingkungan pemerintah maupun non-pemerintah.

Baca artikel terkait: Harga kubah masjid GRC

Contoh Perusahaan Kontraktor Terbaik

Berikut adalah perusahaan-perusahaan kontraktor terbesar dan terbaik di Indonesia.

  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

    Salah satu kontraktor terbesar yang ada di Indonesia ini adalah perusahaan milik pemerintah yang didirikan pada tahun 1960. Namun pada tahun 1974 perusahaan ini berubah status menjadi perseroan terbatas, hingga pada tahun 2004 menjadi perusahaan konstruksi pertama yang bisa menembus daftar di Bursa Efek Indonesia.

  • PT PP (Persero) Tbk.

    PT PP didirikan pada tahun 1953 bernama N.V Pembangunan Perumahan, pada waktu itu perusahaan yang sudah puluhan tahun berdiri ini dipercaya dalam membangun rumah bagi para petugas PT Semen Gresik Tbk. Setelah itu seiring berjalannya waktu perusahaan ini mendapatkan proyek besar seperti membangun Hotel Indonesia, Ambarrukmo Palace Hotel dan Samudra Beach Hotel. Perusahaan ini berubah nama menjadi PT pp pada tahun 1971 dan melakukan banyak inovasi serta memiliki banyak anak perusahaan.

Membutuhkan Jasa Kontraktor Bangunan?

Jika saat ini anda sedang membutuhkan jasa kontraktor bangunan atau jasa kontraktor rumah anda sudah berada dalam website yang tepat. Kami PT Madina kini merambah sebagai kontraktor bangunan yang tadinya memiliki fokus pada kontraktor kubah masjid.

Pengalaman kami yang sudah bertahun-tahun sebagai kontraktor kubah masjid terus kami kembangkan hingga kami mampu menjadi kontraktor bangunan profesional seperti saat ini. Anda tak perlu meragukan kami dalam mengerjakan proyek, PT Madina sudah mengerjakan proyek di berbagai wilayah dan negara tak hanya di Indonesia.

Kunjungi halaman

Jasa kontraktor rumah

Jasa renovasi rumah

Anda bisa menghubungi kami jika berminat dan sedang mencari kontraktor profesional. Hubungi kami melalui kontrak yang tertera dalam website ini, dengan itu anda bisa berkonsultasi kepada kami dalam bidang konstruksi serta mendapatkan penawaran terbaik dari kami.

Semoga semua informasi pengertian kontraktor yang kami berikan kepada anda bermanfaat.