pt madina

Jenis Kubah Masjid Yang Umum Dipakai

jenis kubah masjid

Berbicara mengenai masjid yang difungsikan sebagai tempat ibadah para penganut agama Islam yaitu umat muslim di dunia, hal ini tidak bisa terlepas dari kubah yang merupakan bagian atau salah satu unsur penting dalam pembangunan atau pendirian sebuah masjid. Berbagai macam desain, corak warna serta ukuran yang berbeda – beda yang membuat masjid menjadi lebih menarik dan mempunyai kesan estetika visualisasi agar dapat menarik siapapun yang ingin melakukan ibadah khusunya sholat di masjid tersebut. 

Jenis kubah mempunyai ciri dan kehasanya sendiri pada setiap wilayah, daerah atau negara itu sendiri. Di negara Indonesia terdapat berbagai beragam jenis kubah dengan berbagai bentuk dan warna yang berbeda. Seperti contoh sederhannya kita ambil contoh kubah yang berada di Aceh yang di kenal dengan serambi mekah tentu berbeda dengan kubah masjid yang berada di daerah pulau Jawa. Hal ini di maksudkan agar di sesuaikan dengan adat, tradisi dan budaya masyarakat setempat. 

Kemudian terdapat beberapa jenis kubah yang lazim kita temukan di wilayah atau daerah yang tersebar negara Indonesia, jenis kubah tersebut yaitu 

5 Jenis Kubah Masjid Berdasarkan Material

kubah beton

 

  • Kubah Beton

Pada jenis dan model kubah ini merupakan kubah dari beton. Kubah beton sudah hampir terkenal di berbagai kalangan masyarakat pada saat pembangunan atau pendirian sebuah masjid. Kubah beton terkenal dengan kekuatan dan ketahanan fisik yang baik, sehingga dapat digunakan dalam jangka rentan waktu yang cukup lama. Dalam pengaplikasianya, kubah beton di berikan atau di tambahkan motif tertentu sehingga hal ini akan memberikan keindahan kepada kubah tersebut agar terlihat indah dan menarik. 

Melihat dari segi kualitasnya yang cukup baik, kubah beton sendiri mempunyai kekurangan. Kekurangan tersebut yaitu dalam menggunakan kubah beton sebagai salah satu unsur proses pembangunan atau pendirian sebuah masjid, maka harus di perlukan orang yang tidak sedikit, sebab kubah beton memiliki berat yang cukup besar, sehingga harus di gerakan secara bersama – sama atau bergotong royong. 

kubah stainless steel

 

  • Kubah Stainless

Kubah jenis ini tentu sudah tidak asing lagi di dalam lingkungan masyrakat. Kubah stainless adalah salah satu jenis kubah yang cukup populer di kalangan masyarakat karena harganya yang cukup terjangkau dengan kualitas yang cukup baik serta beratnya berbeda dengan kubah beton sebab kubah stainless cenderung lebih ringan saat di gunakan sebagai salah satu unsur pembangunan atau pendirian sebuah masjid. 

Banyak keuntungan dari penggunaan kubah stainless, salah satunya yaitu sifat ketahanan yang cukup baik yang terbebas dari anti karat serta mempunyai keunggulan dari daya Tarik tersendiri karena terbuat dari bahan stainless sehingga memunculkan kesan mengkilat saat di aplikasikan di atas bangunan masjid. 

kubah galvalum

 

  • Kubah Galvalum

Di era atau zaman yang semakin canggih ini, banyak inovasi ataupun terobosan para pemikir dan pengusaha dalam terus meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis. Salah satunya adalah tentang invoasi dalam jenis kubah yang hamper tersebar di seluruh wilayah dan daerah di Indonesia. Pada dewasa ini desain jenis kubah galvanum banyak di gunakan oleh masjid di Indonesia. 

Menggunakan bahan galvalum merupakan sebuah bahan yang mempunyai ketahanan dari panas yang sangat baik dan juga mempunyai daya rekat yang bagus sehingga masjid kubah galvanis tidak mudah rusak dan dapat bertahan dalam rentan waktu yang cukup lama. Jenis kubah satu ini menjadi salah satu primadona di negara Indonesia selain bahan yang baik dan tahan lama, bahan galvanis yang di jadikan sebagai kubah juga mempunyai fungsi sebagai anti karat. Sehingga ini akan sangat cocok dengan negara Indonesia yang beriklim tropis. 

kubah enamel

 

  • Kubah Enamel

Salah satu contoh jenis kubah lainya yaitu kubah enamel. Kubah enamel ini merupakan salah satu jenis kubah yang mempunyai banyak keuntungan ketika di aplikasikan atau di gunakan pada saat proses pembangunan atau pendirian sebuah masjid. Kubah enamel ini terlihat kokoh dan sangat berat apabila hanya di lihat sebatas pengilihatan sekilas saja. Namum, pada dasarnya kubah ini cukup ringan dan tidak memerlukan banyak orang ketika proses pemasangannya. 

Kubah enamel itu sendiri memiliki ketajaman warna yang cukup baik, sehingga hal ini membuat kubah enamel cenderung lebih menarik dan memunculkan kesan keindahan. Dalam proses perbaiakan atau perawatan (maintenance) maka jenis kubah satu ini sangat mudah di perbaiki, apabila terdapat kebocoran lebih kecil di bandingkan bahan lainya serta mudah di perbaiki. 

kubah grc

 

  • Kubah GRC

Peningkatan kemajuan akan ilmu pengetahuan dan teknologi terus di galangkan, di perbaharui dan berinovasi agar kebutuhan manusia dapat terpenuhi secara efektif dan efisien. Hal ini seupa di jalankan juga dengan berkembangnya inovasi di bidang bahan pembuatan kubah. Kubah GRC merupakan salah satu jenis kubah yang cukup ringan daripada jenis kubah  beton serta kekuatan dan ketahanannya sudah tidak di ragukan lagi, sebab di hamper seluruh daerah di Indonesia menggunakan kubah masjid dengan bahan ini karena mudah di aplikasikan dalam proses pembangunan atau pendirian sebuah masjid. 

Produk GRC ini juga mempunyai ketahanan panas dan anti karat, sehingga masyarakat Indonesia mayoritasnya banyak yang ingin memilikinya. Kemudian kita lihat dari iklim negara Indonesiaa yang tropis dengan dua musim, hal ini akan sangat cocok dan baik sekali digunakan sebagai kubah masjid.

Kunjungi artikel lainnya:

Sejarah kubah masjid

Fungsi kubah masjid

Pilih Kubah Sesuai Kebutuhan

Dari penjelasan jenis – jenis kubah di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa banyakya varian atau jenis kubah yang dapat di aplikasian serta di sesuaikan dengan anggaran atau budget serta kondisi lingkungan dan iklim di daerah suatu wilayah atau negara itu sendiri. 

Dengan terus menggali referensi serta Informasi tentang jenis kubah maka kita dapat memilih dan memilah kubah mana yang sekiranya cocok untuk dapat di aplikasikan selama proses pembangunan atau pendirian masjid tersebut. Dengan melihat dan mempertimbangkan berbagai aspek pembelian sebuah kubah masjid, hal ini akan sangat membantu kita dalam meminimalisir kesahalan atau kerugian pada saat melakukan pembelian kubah tersebut. 

Dengan kata lain melihat dari aspek keuntungan dan kelemahan dari jenis kubah itu sendiri, kita akan dapat mengefisiensikan dan mengefektifkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses perencanaan pembangunan dan pendirian sebuah masjid. Sehingga dana yang di sediakan akan dapat di gunakan secara baik serta di harapkan dapat memberikan manfaat baik secara materil maupun inmateril. 

Pemerhatian bahan kubah serta iklim juga harus menjadi pertimbangan yang kuat, sebab menggunakan kubah sebagai salah satu unsuk proses pembangunan atau pendirian sebuah masjid akan memberikan manfaat jangka Panjang. Mengapa demikian, tentu yang kita inginkan adalah kubah masjid yang kita pasang dapat bertahan dengan jangka yang cukup lama serta selama proses perawatanya (maintenance) tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar. 

Jika saat ini anda sedang membutuhkan jasa kontraktor yang mampu merombak kubah dan menara masjid serta memiliki profesional tinggi, bisa kunjungi halaman berikut.

Kontraktor Kubah Masjid

Kontraktor Menara Masjid

Kontraktor Krawangan GRC

Share:

Related Posts