Fungsi Kubah Masjid dan Jenis Kubah

Blog
fungsi kubah masjid

Fungsi Kubah Masjid dan Jenis Kubah Paling Banyak digunakan

Selamat datang, saat ini anda sedang berada dalam website kami kubah madina yang akan memberikan anda informasi menarik seputar fungsi kubah masjid dan menara masjid. Semua info tentang masjid paling lengkap hanya bisa anda dapatkan dalam website kami untuk itu simak sampai habis semua ulasan dari kami.

Indonesia adalah negara dengan penduduk islam terbanyak di dunia, populasi masyarakat terbanya ketiga dunia membuat islam di Indonesia menjadi mayoritas dunia. Dengan penduduk yang mayoritas muslim sudah pasti masjid tersebar ke seluruh Indonesia sebagai tempat ibadah. Bangunan masjid memiliki identik seperti kubah dan menara yang menjadi ciri sebuah masjid di berbagai negara.

Sebagai muslim anda pasti sudah tau apa itu kubah masjid dan menara masjid namun sudahkah anda tau fungsi dari kubah masjid? Jika anda sedang mencari tau fungsi kubah masjid anda sudah berada dalam website yang tepat, berikut adalah fungsi-fungsi kubah masjid

perkembangan kubah masjidFungsi-Fungsi Kubah Masjid

1. Ciri Khas Masjid

Jika kita lihat dari sejarah kubah bukanlah berasal dari arsitektur Islam, namun seiring berjalanya waktu dan tersebarnya kubah yang dipakai di masjid lama kelamaan menjadi representasi dari ciri khas masjid di Dunia. Terlihat jelas di Indonesia karena hampir semua masjid memiliki kubah sebagai identitas tempat ibadah umat muslim.

2. Lambang Keindahan

Ketika orang mencari masjid ataupun melihat masjid yang dilihat pertama kali adalah kubah. Karena dengan adanya kubah orang jadi mudah menemukan masjid, melihat hal itu merancang sebuah kubah masjid membutuhkan nilai estetika yang tinggi karena menjadi lambang sebuah masjid.

Hal ini lah yang membuat kubah menjadi lambang keindahan karena tak sembarangan dalam pembuatan kubah masjid.

3. Lambang Kebesaran Islam

Kubah dibuat tidak semata mata sebagai hiasan dan ciri khas saja tetapi kubah memilki dimensi maksud spiritualitas yang tinggi. Kubah di posisi teratas dalam bangunan menyimbolkan agama islam yang agung. Keberadaan kubah dalam tempat ibadah seperti naungan yang membuat jamaah merasa kecil di hadapan Allah.

4. Mempermudah Mencari Masjid

Seperti yang sudah kami jelaskan diawal bahwa masjid sebagai ciri khas menjadikan mudah untuk dicari. Dengan adanya kubah mempermudah masyarakat dalam mencari masjid terdekat dari lokasinya berada.

5. Kubah Menentukan Arah Kiblat

Kontraktor kubah masjid biasanya akan membuat kubah dengan sedemikian rupa menhadap ke arah kiblat. Sehingga akan memudahkan jamaah yang hendak beribadah, mampu menentukan arah kiblat dengan mudah.

6. Tempat Sirkulasi Udara

Fungsi kubah masjid selanjutnya adalah sirkulasi udara. Dengan desain yang menjorok ke atas membuat sirkulasi udara menjadi baik, itulah alasan mengapa sebuah masjid akan terasa sangat sejuk. Dengan begitu akan membuat jamaah merasa nyaman dan tidak kepanasan ketika beribadah.

7. Sumber Pencahayaan

Kubah-kubah modern biasanya dilengkapi dengan reflektor cahaya yang bertujuan membuat pencahayaan didalam masjid menjadi maksimal. Selain itu kubah juga sering dibuat menggunakan cat warna cerah di bagian dalamnya, tak hanya itu banyak masjid juga membuat kubah menyerupai langit dengan awan putih dan berpadu warna biru langit.

kontraktor kubah masjidSetelah mengetahui fungsinya mari kita perdalam pengetahuan tentang kubah melalui jenis kubah masjid. Berikut kami berikan beberapa jenis kubah masjid.

Jenis-Jenis Kubah Masjid Berdasarkan Bahan Baku

  • Kubah Beton – Beton adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar sebuah kubah masjid, dengan karakteristik beton yang kuat dengan besi tulangan sebagai rangka. Kubah dengan bahan dasar beton akan memiliki umur yang panjang karena strukturnya kuat.
  • Kubah GRC –  GRC juga termasuk bahan baku terbanyak digunakan sebagai kubah karena memiliki kelebihan dari kekuatan dan tahan terhadap berbagai cuaca, sangat cocok di aplikasikan di iklim teropis seperti di Indonesia.
  • Kubah Galvalum -Selanjutnya ada galvalum yang menjadi bahan favorit sebagai bahan baku pembuatan kubah karena memiliki kelebihan yang sudah dikenal tahan panas, berdata rekat fleksibel serta antikarat.
  • Kubah Enamel -Bahan enamel juga bahan yang menjadi pilihan untuk kubah masjid karena mampu membuat wana menjadi tajam dan cerah dengan baik, dengan bahan enamel yang memiliki beban ringan akan memudahkan pemasangan dan minim bocor.
  • Kubah Stainless – Bahan stainless adalah bahan yang pasti anda tau karena banyak masjid di Indonesia menggunakan kubah stainless sebagai bahan kubah karena murah dan mudah untuk dipasang. Stainless juga antikarat dan mengkilap sempurna.

Itulah fungsi kubah masjid dan jenis kubah berdasarkan bahan bakunya, semoga artikel kami bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai kubah masjid.

Post a comment