pt madina

5 Jenis Kontraktor Yang Perlu Diketahui

jenis kontraktor

Dalam bidang kontraktor ada beberapa jenis kontraktor yang perlu diketahui, setiap bidang kontraktor memiliki tugas masing-masing sesuai dengan keahliannya. Kenapa harus tau hal ini? Karena di masa depan jika kita bersinggungan dan membutuhkan kontraktor sudah tau mempecayakan pada kontraktor mana yang ahli dibidangnya.

Seperti yang banyak dari kita tahu, kontraktor yang paling umum dikenal adalah kontraktor bangunan atau kontraktor rumah. Seorang kontraktor yang biasa bekerja renovasi rumah dan membangun rumah atau gedung. Ternyata ada beberapa jenis kontraktor lagi yang perlu kita tahu. 

macam-macam kontraktor

Jenis-Jenis Kontraktor

Berikut kami berikan informasi terkait beberapa jenis kontraktor yang perlu Anda ketahui.

Kontraktor bidang arsitektual

Sesuai dengan namanya dan banyak masyarakat umum tau, kontraktor paling banyak dikenal adalah kontraktor bidang arsitektual. Kontraktor yang berhubungan lekat dengan gedung dan rumah baik pembuatan dari nol ataupun perbaikan.

Cakupan dari kontraktor arsitektual tidak hanya perencanaan saja tetapi hingga pada perawatan bangunan sederhana hingga bangunan berteknologi. Serta arsitektur interior bahkan taman.

Kontraktor bidang sipil

Kontraktor kedua yang sering di dengar adalah kontraktor sipil. Untuk di daerah yang pembangunannya sedang pesat yang meliputi sarana dan prasana publik, tentu tak asing dengan kontraktor sipil. 

Kontraktor bidang sipil memiliki fokus pekerjaan dengan melibatkan ruang publik, karena semua urusanya berhubungan dengan kepentingan sipil atau umum.

Contoh proyek yang ditangani adalah jalan raya, pembangunan jalan tol, pembangunan bandara, pembangunan jembatan, pembangunan terowongan, bendungan, drainase dan pembangunan fasilitas-fasilitas publik lainnya. Tak hanya itu kontraktor sipil juga mengerjakan konstruksi pabrik, tambang serta struktur bangunan dan perawatannya. Jika pernah mendengar penghancuran sebuah gedung itu juga salah satu tugas dari seoran kontraktor bidang sipil.

Kontraktor bidang tata lingkungan

Sesuai dengan namanya, kontraktor ini adalah kontraktor yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan tata kota. Kontraktor lingkungan hidup sangat erat dengan manusia dan alam. Karena memikirnya keberlangsungan kedua unsur tersebut.

Mengurus hal-hal di bidang yang berhubungaan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi analisis dampak lingkungan, teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, dan pengolahan limbah.

Kontraktor bidang tata lingkungan juga sering dilibatkan dalam pelaksanaan pengembangan sebuah kota.

Kontraktor bidang elektrikal

Kontraktor elektrikal memiliki tugas dan tanggung jawab pada kelistrikan beserta kelengkapannya. Semua hal berkaitan dengan prinsip kelistrikan dikerjakan olehnya.

Pekerjaan dari kontraktor bidang elektrikan sangatlah luas mulai dari instalasi pembangkit, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut, penangkal petir, serta bangunan pemancar radio.

Kontraktor bidang mekanikal 

Kontraktor mekanikal berarti kontraktor yang mencakup bidang dan prinsip keilmuan dalam bidang yang bersifat mekanis. Kontraktor di bidang mekanikal bertanggung jawab pada keahlian mekanis yang melakukan perawatan dan perbaikan agar berfungsi dengan baik.

Kontraktor mekanikal bertanggung jawab pada instalasi yang ada pada sebuah bangunan seperti instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, konstruksi lift dan eskalator, dan perpipaan termasuk perawatannya.

Baca juga :

Jasa Kontraktor Rumah

Jasa Renovasi Rumah 

Itulah macam-macam kontraktor yang perlu diketahui, mungkin ada beberapa dari anda yang belum tau hal ini. 

Masing-masing dari kontraktor yang telah disebutkan membutuhkan keahlian khusus untuk mengerjakan tiap tugasnya agar semua berjalan dengan lancar. Memantau dan merawat sudah menjadi bagian utama dari tiap kontraktor.

Setelah anda mengetahui jenis-jenis kontraktor, yuk simak pembahasan artikel lainnya tentang Pengertian Kontraktor Lengkap.

Share:

Related Posts