pt madina

Ornamen Masjid Terindah

ornamen masjid terindah

Jenis Ornamen Masjid Terindah yang Biasa Digunakan

Pembangunan atau pendirian sebuah masjid tentu tidak terlepas dari yang namanya unsur – unsur pendukung dari masjid tersebut.  Unsur yang di maksud bukan hanya jenis bahan atau peralatan pada saat pendirian atau pembangunan sebuah masjid melainkan adalah unsur bagian internal atau eksternal masjid yang di kenal dengan ornamen masjid itu sendiri. 

Di lihat dari segi pengertian sebagai sebuah ornamen masjid itu sendiri yang merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah pembangunan atau pendirian sebuah masjid sehingga penegertian sederhana dari ornamen masjid adalah sebuah hiasan atau sebua dekorasi masjid yang terdapat di dalam atau di luar masjid, sehingga dengan adanya ornamen masjid ini dapat memberikan atau memunculkan kesan estetika atau keindahan dari masjid itu sendiri.

Di negara Indonesia, khususnya yang berada baik di daerah perkotaan maupun daerah yang berada di wilayah negara Indonesia. Ornamen dengan berbagai gaya arsitektur memang tidak terlepas dari sebuah unsur adat istiadat ataupun kebudayaan yang melekat pada masyarakatnya. Hal ini tentu selaras dengan perkembangan zaman yang selalu dinamis serta penggunaan atau penerapan kecanggihan teknologi yang terus berkembang dan berinovasi dalam membantu setiap pekerjaan manusia agar lebih baik, efektif dan efisien.

Di dalam kehidupannya, mayoritas masyarakat Indonesia berlomba – lomba dalam memberikan kesan estetika pada setiap ornamen masjid yang di aplikasikan baik di dalam ornamen masjid ataupun di luar ornamen masjid tersebut. Hal yang paling terlihat dari masjid yang di bangun atau di dirikan di wilayah negara Indonesia, tidak jarak masjid yang di bangun hanya mempunyai jarak yang cukup dekat.

Jarak antara masjid yang satu dengan masjid yang lainya yaitu jaraknya tidak kurang dari 500 meter. Hal ini tentu sangat bagus bagi seluruh umat islam yang berada lingkungan sekitar dalam meningkatkan taqwa dan ilmu agama islam.

Setiap masjid yang di bangun atau di dirikan tentu hal ini dapat di jadikan sebagai sebuah icon atau simbol maskot daerah tersebut. Dalam pengimplementasianya banyak panitia masjid dan mayoritas masyarakat membuat sebuah kreasi masid yang di bangun dengan indah, unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Hal ini akan memberikan kesan bahwa masjid yang sudah di bangun dapat di ingin oleh masyarakat yang datang baik dari luar maupun masyarakat lokal sendiri. 

Sehingga dalam pembangunan dan pendirianya, sebuah penerapan ornamen masjid terindah tidak dapat terlepas atau di tinggalkan, sebab hal ini merupakan salah satu unsur yang cukup penting dengan memberikan pengaruh pada kesan keindahan pembangunan masjid itu sendiri. 

Sementara itu pada dasarnya, Islam atau ajaran Islam melarang penggambaran figuratif manusia maupun hewan pada masjid, baik itu di dalam maupun di luar masjid,. Hal ini tidak boleh di lakukan sebab karena di khawatirkan dapat menimbulkan hal yang tidak di inginkan atau meyimpang dari ajaran islam itu sendiri. 

Namun terdapat ornamen masjid yang dapat di implementasikan atau di aplikasikan pada saat pembangunan atau pendirian sebuah masjid terdapat ornamen yang di perbolehkan yaitu sebuah ornamen yang mempunyai unsur kaligrafi ataupun geometris islami. Terdapat beberapa ornamen masjid terindah yang kerap di aplikasikan atau di gunakan di negara Indonesia, khusunya untuk daerah – daerah baik dari perkotaan maupun pedalaman itu sendiri, yaitu sebagai berikut :

ornamen kaligrafi

1. Ornamen Kaligrafi Al-Qur’an


Kaligrafi memang menjadi salah satu bagian terpenting dalam memberikan kesan keindahan dalam penulisan ayat suci Al-Qur’an. Dimana kaligrafi ini di bentuk dengan sedemikian rupa sehingga dapat memunculkan kesan keindahan bagi siapa saja yang meilhatnya. Sedangkan di Indonesia sendiri, istilah kaligrafi lebih di kenal dengan kaligrafi arab. Hal ini sejalan dengan sejarah lahirnya kaligrafi di negara Indonesia yang dapat di terima oleh masarakat baik secara lokal maupun masyrakat perkotaan.

Di dalam sejarahnya, sejak abad ke-12 dan sesudahnya, kreativitas seniman di Indonesia memunculkan seni memahat dan pembuatan kaligrafi dengan seni dan ukiran yang indah sehingga hal ini dapat di aplikasikan di dalam maupun di luar masjid itu sendiri. Adapun fungsi kaligrafi itu sendiri yaitu :

  • Sebagai penyaluran kreativitas seni
  • Kaligrafi di fungsikan sebagai penghias
  • Kaligrafi sebagai pengungkapan rasa hormat terhadap tokoh
  • Kaligrafi sebagai media komunikasi

Kemudian kaligrafi sendiri, di dalam budaya Islam mempunyai beberapa gaya atau sytle dengan ciri khas tertentu.

Baca artikel lainnya:

Fungsi menara masjid

Jenis kubah masjid

 

ornamen geometris

2. Ornamen Geometris Islami

Selain ornamen kaligrafi Al-Qur’an, adapun ornamen geometris islami. Dalam pengaplikasianya ornamen geometris islami ini dapat di aplikasikan di dinding indoor masjid maupun di bagian luar dinding masjid. Bisanya ornamen geometris islami ini juga di tempatkan di bagian langit – langit masjid dan vas bunga dan beberapa elemen di masjid. Maka dari pada itu ornamen geometris islami ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Indonesia.

Ornamen geometris ini dulunya di adopsi dari seni ornamen zelliji maroko yang mempunyai bentuk lingkaran, segitiga, persegi, dan segi enam. Kolaborasi bentuk dan pola geometris dapat menghasilkan hasil visualisasi yang indah dan enak untuk di pandang. 

Baca artikel : Sejarah masjid Quba

ornamen arabesque

3. Ornamen Arabesk

Kemudian ada ornamen arabesk adalah sebuah ukiran yang bermotifkan sulur, daun, cabang dan pohon. Bentuk ornamen arabesk tentu mempunyai keunikan dan keindahanya sendiri sebab pada setiap ornamen yang buat akan memberikan kesan keindahan yang berbeda dari setiap pengaplikasiannya baik itu dalam maupun di luar masjid dengan nuansa yang kontemporer. 

ornamen tradisional

4. Ornamen Tradisional / Lokal

Selain beberapa ornamen yang terdapat di bagian atas tersebut. Maka terdapat pula ornamen tradisional atau ornamen yang mempunyai ciri khas kebudayaan atau ada istiadat negara Indonesia. Dalam hal ini berarti terdapat unsur kebudayaan yang melekat dalam budaya negara Indonesia yang di aplikasikan ke dalam desain atau bentuk dari ornamen pada pembangunan atau pendirian sebuah masjid. Desain yang di buat tentu terdapat unsur tradisional lokal Indonesia.

Ornamen tradisional juga kerap kita temui ketika mengunjungi sebuah masjid di suatu daerah lain. Dengan kata lain bahwa banyak mayoritas masyarakat yang juga merapkan atau memadukan unsur lokal kebudayaan dengan nuansa Islami. Hal inijuga merupakan suatu metode atau cara yang dapat di aplikasikan untuk mengajak masyarakat sekitar agar dapt melakukan ibadah di masjid tersebut serta meningkatkan pengetahuan dalam agama Islam.

Ornamen lokal banyak kita temui bukan hanya berada pada daerah yang pemukimanya di dalam seperti pedesaan atau perkampungan melainkan hal demikian sudah berada pada masyarakat perkotaan. Hal ini dimaksud agar ketika wisatawan berkunjung ke daerah tersebut. Mereka dapat langsung melakukan ibadah di masjid tersebut sekaligus mendapatkan kesan dan pengalaman yang luar biasa, sebab dapat langsung menikmati keindahan ornamen masjid yang di aplikasikan. Dengan kata lain hal ini akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat lokal.

Share:

Related Posts